Menu

Mode Gelap
Setelah PDI-P dan Gerindra, Ishak Naser Mendaftar di PKB JUBIR AMIN : Optimis Meraih 55% Suara di Maluku Utara STQ 2023, Haltim Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers

Cerpen · 15 Jun 2024 07:46 WIB ·

Mengenal Ishak Naser: Perjalanan Inspiratif dari Seorang Narasumber Menjadi Teman dan Mentor


 Ishak Naser, S.E., M.E Perbesar

Ishak Naser, S.E., M.E

Pertama kali saya mengenal Ishak Naser adalah pada tahun 2015, dalam liputan perdana saya saat bertugas sebagai wartawan di Maluku Utara pasca pindah dari Provinsi Papua. Saat itu, beliau menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara. Sebelumnya, nama Ishak Naser sudah tidak asing bagi saya. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Maluku Utara pada tahun 2003, namanya kerap muncul di media cetak dan elektronik.

Pertemuan yang Tidak Disangka-sangka

Seiring waktu, mempertemukan kami kembali di Benteng Oranje pada suatu Minggu sore di tahun 2022. Saya lupa tanggal dan harinya, tetapi pertemuan itu sangat berkesan. Saya diajak oleh seorang teman bernama Syarif Oesman, seorang dosen di kampus ternama di Maluku Utara. Syarif memperkenalkan saya kepada Ishak Naser dengan cara yang lebih akrab dan kekeluargaan di komunitas Eco-Enzyme besutan Ishak Naser.

Bergabung dengan Komunitas Eco-Enzyme Maluku Utara

Pertemuan tersebut membuka jalan bagi saya untuk bergabung dengan komunitas Eco-Enzyme Maluku Utara, sebuah komunitas yang bergerak di bidang lingkungan. Komunitas ini memanfaatkan limbah sayur atau sisa makanan untuk diolah menjadi cairan multiguna melalui proses fermentasi. Dalam komunitas ini, saya mulai mengenal lebih dekat sosok Ishak Naser.

Di Balik Ketegasan dan Sikap Kritisnya

Dari berbagai kegiatan komunitas dan pertemuan rutin, saya mulai melihat sisi lain dari Ishak Naser. Dibalik ketegasan dan sikap kritisnya, tersimpan pengetahuan yang mendalam tentang konsep ekonomi dan pembangunan. Pengetahuan yang ia miliki tidak hanya sebatas teori, tetapi juga dipraktikkan dengan penuh dedikasi.

Petualangan Bersama dan Nilai-Nilai Kehidupan

Pengalaman paling berharga adalah ketika saya diajak berpetualang ke beberapa daerah di Halmahera saat beliau berkampanye sebagai calon anggota DPR RI. Meskipun pada akhirnya Ishak Naser kalah dalam kontestasi tersebut, saya belajar banyak dari sikap dan prinsip yang ia pegang teguh.

Saya masih ingat jelas saat beliau berkata, “Rif, jangan pernah memaksakan walaupun kita dicurangi. Kita lebih laik kalah dengan cara bersih tanpa Money Politik daripada kita membayar tapi tidak ada keberkahan. Pasti ada rencana Allah yang baik buat saya. Satu suara kita peroleh dengan cara benar dan menjadikan saya anggota DPR lebih baik, ketimbang 100 suara tapi menjadikan saya anggota DPR yang korupsi uang rakyat. Tidak ada keberkahan untuk anak istri saya kelak.” Kata-kata ini sangat membekas di hati saya dan menunjukkan betapa kuatnya integritas beliau.

Menjadi Sumber Inspirasi

Banyak ilmu yang saya dapat dari Ishak Naser, ilmu yang tidak saya peroleh dari bangku sekolah maupun dunia jurnalistik. Kepribadiannya yang teguh pada prinsip, serta keikhlasannya dalam berbagi ilmu dan pengalaman, menjadikan beliau sosok yang sangat inspiratif bagi saya.

Maju sebagai Calon Wali Kota Ternate

Kini, Ishak Naser membulatkan tekadnya untuk maju sebagai calon Wali Kota Ternate pada tahun 2024. Melihat perjalanan dan dedikasinya selama ini, saya yakin beliau akan membawa perubahan positif bagi kota Ternate. Semangat dan visi yang ia bawa tidak hanya berfokus pada pembangunan ekonomi, tetapi juga pada pembangunan fisik infrastruktur perdagangan, mengingak kota ternate adalah pusat perdagangan rempah terbesar dunia pada masa lalu hingga sekarang masih melekat.

Penutup

Perjalanan mengenal Ishak Naser dari seorang narasumber menjadi teman dan mentor adalah sebuah anugerah. Saya melihat dan belajar langsung bagaimana integritas, pengetahuan, dan ketulusan dapat membawa seseorang menjadi pemimpin yang sejati. Sosok Ishak Naser tidak hanya menginspirasi saya, tetapi juga banyak orang di sekitarnya. Saya merasa beruntung dan bangga bisa mengenalnya lebih dekat, serta mendapatkan banyak pelajaran berharga dari perjalanan ini.

Ini hanya sepenggal kisah perjalanan saya bersama Ishak Naser yang saya tulis secara singkat. Sebenarnya ada banyak yang ingin saya tuangkan lewat tulisan ini, tapi mungkin akan saya buat dalam tulisan lengkap pada edisi berikutnya jika pembaca berkenan.

Penulis: Arief Paturusi
Penulis Jalanan

Artikel ini telah dibaca 28 kali

Baca Lainnya

Siswa Kelas VIII K SMPN 1 Ternate Gelar Proyek Eco Enzyme dengan Tema “Bentang Alamku”

10 Juni 2024 - 08:55 WIB

Ishak Naser: Calon Wali Kota Ternate dengan Komitmen Membangun Infrastruktur Pendukung

7 Juni 2024 - 22:46 WIB

Usai Jalani UKK PKB, Ishak Naser Optimis Mendapat Rekomendasi

5 Juni 2024 - 16:45 WIB

Husain Alting Sjah, Cagub Pertama Yang Menftar di PDIP

23 April 2024 - 08:11 WIB

Setelah PDI-P dan Gerindra, Ishak Naser Mendaftar di PKB

19 April 2024 - 08:31 WIB

Indikator memilih Capres dan Quo Vadis Indonesia

7 Februari 2024 - 21:34 WIB

Trending di Cerpen