Menu

Mode Gelap
Setelah PDI-P dan Gerindra, Ishak Naser Mendaftar di PKB JUBIR AMIN : Optimis Meraih 55% Suara di Maluku Utara STQ 2023, Haltim Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers

Berita · 4 Mei 2024 11:24 WIB ·

Merawat  Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat


 Merawat  Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Perbesar

Anggota MPR-RI, Husain Alting Sjah, menggelar sosialisasi empat pilar bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat Tidore, bertempat di kadaton Kesultanan Tidore (4/5/2024).

Pada kesempatan tersebut, Husain Alting Sjah menjelaskan bahwa, Sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdiri Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, penting dan perlu dilakukan untuk menghadapi berbagai macam pengaruh budaya dan gaya hidup serta ideologi global yang saat ini masuk dalam sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Menurutnya, Ideologi Pancasila merupakan tatanan nilai yang digali dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia. Diangkat dari nilai-nilai adat istiadat, nilai-nilai kebudayaan, serta nilai religius masyarakat Indonesia.

“Kita perlu merawat dan mengembangkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Husain.

 

 

Lebih lanjut, dia menjelaskkan, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Diharapkan masyarakat dapat memahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan. Selain itu, menjadi bagian dari mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

“Sosialisasi ini kita berharap bisa membentuk warga negara yang berkualitas, berakhlak mulia dalam membangun daerah dan bangsa. Berbicara empat pilar, kita dapat meneladani para pendiri bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan. Seperti memahami pemikiran dan karakter dari anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),”jelasnya.

 

Husain Alting yang juga Sultan Tidore ini menambahkan, penguatan nilai empat pilar ke generasi muda sangat penting dilakukan, sebab generasi muda adalah generasi penerus kepemimpinan bangsa.  Selain mereka mendapat pencerahan ilmu pengetahuan dan teknologi di bangku sekolah dan perguruan tinggi, mereka juga harus dibekali dengan pemahaman akan nilai-nilai luhur bangsanya.  Dengan demikian, mereka akan menjadi generasi yang cerdas dan berjiwa nasionalisme.

 

“Masyarakat Tidore telah menjadikan Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup sejak lama. Dengan demikian orang Tidore menjadi warga negara yang senantiasa merawat bangsa ini dengan jiwa nasionalisme, dan menghargai setiap perbedaan,” tutup Husai.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Sultan Tidore Apresiasi Kafilah Pemenang MTQ-XXX Maluku Utara

29 Juni 2024 - 11:57 WIB

Siswa Kelas VIII K SMPN 1 Ternate Gelar Proyek Eco Enzyme dengan Tema “Bentang Alamku”

10 Juni 2024 - 08:55 WIB

Usai Jalani UKK PKB, Ishak Naser Optimis Mendapat Rekomendasi

5 Juni 2024 - 16:45 WIB

Husain Alting Sjah, Cagub Pertama Yang Menftar di PDIP

23 April 2024 - 08:11 WIB

Anggota DPD-RI, Husain Alting Sjah Sosialisasi Empat Pilar Bersama Pemuda Kampung di Tidore

16 Maret 2024 - 12:26 WIB

TPD HALBAR Bersama GEMA AMIN Menggelar Konsolidasi Pemenangan

8 Februari 2024 - 12:57 WIB

Trending di Berita