Menu

Mode Gelap
Setelah PDI-P dan Gerindra, Ishak Naser Mendaftar di PKB JUBIR AMIN : Optimis Meraih 55% Suara di Maluku Utara STQ 2023, Haltim Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers

Berita · 6 Mei 2023 03:18 WIB ·

Halal Bi Halal Bersama Forkompimda, HIPMI Ternate Selaraskan Program dengan Pemkot


 Foto bersama Walikota Ternate dan Pengurus HIPMI Ternate serta para tamu undangan lainnya. Perbesar

Foto bersama Walikota Ternate dan Pengurus HIPMI Ternate serta para tamu undangan lainnya.

TERNATE, Dimensimedia.com – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Ternate berupaya mendorong kemandirian ekonomi bagi pemuda pada tiap Kelurahan di Kota Ternate.

Ketua BPC HIPMI Ternate, Fitrah Akbar Muhammad, dalam sambutannya di acara Halal Bihalal bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Ternate, Jum’at (5/5) mengatakan, potensi ekonomi di Maluku Utara bagi pelaku usaha kreatif kedepan akan sangat berkembang.

Pemilik usaha Rotasi Coffee itu beranggapan, akan sangat terlambat jika pemuda di Ternate menunggu momen yang baik itu terlewati. Untuk itu, pihaknya di HIPMI telah melakukan sebuah program usaha bagi anak muda di setiap kelurahan.

Ketua HIPMI Ternate, Fitra Akbar Muhammad

Dalam acara yang bertajuk ‘Muda Berekspresi’ di Rotasi Coffee, Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, Jum’at malam itu, Fitrah berkeinginan agar pemuda terus berkembang dan berinovasi dalam berwirausaha.

Namun, hal itu kata Fitrah, tidak bisa dilakukan sendirian, tetapi butuh kolaborasi dan dukungan berbagi pihak. Sehingga dalam momentum silaturahmi tersebut, HIPMI Ternate mengundang jajaran Forkompinda.

“Harapan kami ya, paling tidak HIPMI juga dilibatkan dalam proses penyusunan Program Pemerintah kedepannya, sehingga ada kesamaan juga dengan program HIPMI,” jelas dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara itu.

Fitrah juga menceritakan, saat ini pihaknya telah mulai menerapkan sebuah program dari HIPMI itu di Kelurahan Dufa-dufa, yaitu usaha Konfeksi, Percetakan, dan Sablon yang saat ini tengah dikelola secara mandiri oleh elemen pemuda.

“Katakanlah itu usaha Koperasi yang dimana dikelola langsung oleh pemuda-pemuda di kelurahan. Dengan begitu pemuda dapat lebih mandiri secara ekonomi, tidak hanya melalui Galang dana dan lain sebagainya apabila ada kegiatan yang mereka ingin selenggarakan,” pungkasnya

“Karena harapan kami, Komunitas bisa tau dengan Forkopimda begitu juga sebaliknya,” kata Fitra.

Fitra, Ketika ditanyai awak media terkait program Pemerintah yang bakal disuksesi secara bersamaan dengan HIPMI, dirinya mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya masih melakukan komunikasi.

Karena menurutnya, sampai saat ini pihaknya melihat program Pemerintah masih berbeda dengan HIPMI.

“Kami masih melakukan komunikasi, karena kami melihat program Pemerintah berbeda dengan HIPMI,” jelasnya

Meski begitu, Ketua HIPMI Ternate itu juga menyebutkan bakal bersama-sama mengawal program Pemerintah.

“Harapan kami ya, paling tidak HIPMI juga dilibatkan dalam proses penyusunan Program Pemerintah kedepan nya, sehingga ada kesamaan juga dengan program HIPMI,” tuturnya.

“Kami juga berharap dengan adanya Pak Walikota Ternate tadi, kami selaraskan agar setiap kelurahan yang namanya Karang Taruna atau Pemuda itu juga punya salahsatu yunit usaha sehingga bisa menjadi sebuah ekonomi mandiri pemuda di setiap kelurahan yang ada di Kota Ternate,” sambung Fitra.

Dikatakannya, dengan selaraskan program dengan Pemkot, Fitra tidak berharap bantuan yang diberikan pemkot terhadap pelaku usaha anak muda di setiap kelurahan itu berbentuk Uang Tunai, namun berbentuk fasilitas peralatan produksi atau usaha.

“Dan itu sama seperti yang selama dilakukan HIPMI,” sebutnya

Turut hadir dalam acara itu Walikota Ternate, Tauhid Soleman dan jajaran Pimpinan OPD Pemkot Ternate, Kapolres Kota Ternate, Andik Purnomo Sigit dan jajaran, Dandim Kota Ternate, Jamet Nijo, Ketua APINDO Malut, Gajali Abd Muthalib, serta Komunitas Pelaku Usaha dan Pemuda dari beberapa kelurahan.

 

Penulis : Timred

Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Husain Alting Sjah, Cagub Pertama Yang Menftar di PDIP

23 April 2024 - 08:11 WIB

Setelah PDI-P dan Gerindra, Ishak Naser Mendaftar di PKB

19 April 2024 - 08:31 WIB

TPD HALBAR Bersama GEMA AMIN Menggelar Konsolidasi Pemenangan

8 Februari 2024 - 12:57 WIB

Anies Tampil Cemerlang, TPD AMIN Maluku Utara Semakin Optimis Meraih Kemenangan

5 Februari 2024 - 05:46 WIB

JUBIR AMIN : Optimis Meraih 55% Suara di Maluku Utara

1 Februari 2024 - 06:44 WIB

Sosialisasi Empat Pilar Bersama Masyarakat Adat Tidore

22 Januari 2024 - 09:55 WIB

Trending di Berita