Menu

Mode Gelap
Setelah PDI-P dan Gerindra, Ishak Naser Mendaftar di PKB JUBIR AMIN : Optimis Meraih 55% Suara di Maluku Utara STQ 2023, Haltim Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers

Uncategorized · 15 Okt 2023 05:27 WIB ·

DPD Asal Malut, Husain Alting Gelar Penyerapan Aspirasi


 DPD Asal Malut, Husain Alting Gelar Penyerapan Aspirasi Perbesar

TIDORE,- Anggota MPR RI, Husain Sjah mengajak masyarakat, peserta pemilu dan Penyelenggara Pemilu untuk dapat menyukseskan Pemilu 2024 dengan damai, santun, dan demokratis. Ini disampaikan saat pelaksanaan penyerapan aspirasi bersama warga kota Tidore Kepulauan di Kadaton Kesulatan Tidore (15/10/2023).

Pada kesempatan tersebut Husain mengajak masyarakat untuk dapat mengamalkan nilai-nilai dari Demokrasi Pancasila yang menjadi identitas bangsa ini. Nilai-Nilai Pancasila tidak bertentangan asas dalam pemilu Pemilu, sebagaimana diatur dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Husain menambahkan pentingnya menghadirkan nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan pemilu. Misalnya prinsip adil, jujur, kepastian hukum, terbuka, efektif dan efisien menjadi bagian yang harus di wujudkan dalam pelaksanaan kampanye. Baik itu peserta pemilu dan Penyelenggara harus berpegang teguh pada prinsip tersebut, ujarnya.

Untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, kita berharap penyelenggara pemilu dan Birokrasi dapat bersikap netral. Tidak berpihak pada calon tertentu atau menguntungkan peserta pemilu yang berkuasa. Netralitas menjadi kunci bagaimana kita menghadirkan pemilu yang bermartabat dan demokratis, tegasnya.

Mewakili tokoh masyarakat, Amin Faruk mengatakan penting Pemilu bebas dari apa yang namanya politik uang dan kecurangan pemilu. Jika hal ini terjadi sudah tentu bertentangan dengan falsafah masyarakat Tidore, Tomo Loa Se Banari. Kita berharap masyarakat dapat mengawasi peserta pemilu dan penyelenggara sehingga semua dapat berjalan sesuai dengan aturan, ujarnya.

Akademisi, Jamal Hi Arsad, menambahkan pemilu merupakan sarana untuk memilih pemimpin dalam menyelenggarakan pemerintahan. Dalam hal ini rakyat memiliki kedaulatan, memiliki tanggungjawab, hak dan kewajiban untuk menghasilkan pemimpin yang terbaik. Partisipasi warga sangat menentukan kualitas dari pemilu dan pemimpin, tegasnya.

Dosen Fakultas Hukum Unkhair menambahkan, Pemilu harus menghadirkan pemimpin yang bersih, dan bebas dari pelanggaran Pemilu, sehingga dalam kepemimpinannya tidak terjebak dengan kasus korupsi. Penyerapan Aspirasi berlangsung di Kadaton Kesulatan Tidore dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, perwakilan perempuan dan pemuda. Dengan menghadirkan narasumber Husain Alting, Dosen Fakultas Hukum Unkhair dan Tokoh Masyarakat Tidore.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Semangat Milad, Kohati HMI Cabang Ternate Diskusi soal Pembangunan BAHIM di Kota Ternate

19 September 2023 - 15:42 WIB

Workshop Film Pendek Jejak Islam Kepulauan, Menyasar Kaum Milenial Maluku Utara

5 Agustus 2023 - 07:56 WIB

Daftarkan Caleg ke KPU, Golkar Malut Target 14 Kursi

15 Mei 2023 - 13:16 WIB

Terima Empat Penghargaan Sekaligus Dari LLDIKTI XII, UMMU Jadi Kampus Penerima Award Terbanyak

14 Mei 2023 - 14:06 WIB

Pemilu 2024: Presiden Jokowi Posisi Tepat Sebagai Negarawan

11 Mei 2023 - 03:36 WIB

Musdalub DPD Golkar Halbar Sah secara Prosedur dan Ketentuan AD/ART

20 April 2023 - 12:16 WIB

Trending di Uncategorized

Sorry. No data so far.